Hidup adalah Pilihan

06.39 |

Dalam hidup tidak seharusnya kita hanya berpasrah pada takdir, memang ada hal yang Allah SWT telah tetapkan kepada kita seperti Mati atau jodoh, namun ada beberapa hal yang memang bisa kita rubah jika kita mau merubahnya. Allah berfirman dalam surat Ar Ra'du ayat 11 yang artinya :

"sesungguhnya Allah tidak akan merubah sesuatu dari suatu kaum sehingga mereka merubah apa yang ada pada mereka sendiri".



dari ayat di atas jelas Allah mengatakan bahwa Allah tidak akan merubah keadaan seseorang jika orang tersebut tidak mau berusaha untuk merubah keadaan mereka sendiri. Ayat ini juga mengisyaratkan kepada kita agar selalu berusaha dan tidak mempasrahkan diri pada keadaan andai kehidupan kita dalam kekurangan.

Ingat kawan, Sukses-gagal, kaya-miskin, pintar-bodoh merupakan suatu pilihan dalam kehidupan kita. Apa yang kita pilih itulah yang akan kita rasakan. Kita akan sukses dengan bekerja keras atau kita akan menjadi manusia gagal yang hanya berpangku tangan tanpa melakukan apa-apa. itulah pilihan yang harus kita pilih. Jika kita mau kaya, maka berusahalah dengan bekerja, jika tidak maka pilihan hanya 1, hidup miskin tanpa melakukan apa-apa.


Begitupun dalam berbuat, berbuat baik atau berbuat buruk, semua adalah pilihan. Namun harus diingat, konsekuensi yang akan didapat dari perbuatan kita. Jika berbuat baik, tentu pahala yang kita dapat yang bermuara pada kebaikan akhirat, namun sebaliknya jika keburukan yang kita lakukan tentu murka dan siksaNya lah yang akan kita terima. Semua terserah kita sebagai manusia. Allah memberikan kita akal dan hati tentu ada tujuan dan fungsinya, gunakanlah akal dan hati kita untuk memilih mana yang terbaik untuk kita. semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan godaan ini, Amin.

2 komentar:

Rahmad mengatakan...

"ada beberapa hal yang memang bisa kita rubah jika kita mau merubahnya". Kata dasar "ubah" bila mendapat awalan "me" akan menjadi "mengubah". Kata "rubah" dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti: binatang jenis anjing, bermoncong
panjang, makanannya daging, ikan. Tidak ada kata "merubah" dalam kamus besar bahasa Indonesia terbitan tahun 2009.

Blog Ilmu Pengetahuan mengatakan...

terima kasih atas kritik dan ralatnya gan

Posting Komentar